Rabu, 07 April 2010

BDRW - MPE - BAB 5 Menu Pemicu dengan Registry (Bagian 2)


Bagian 2  - BDRW:MPE BAB 5

4. Pengembangan Program

Pengembangan program ?  huh… apa yang mau dikembangkan ?  apa perlu?   Cukup banyak yang dapat dikembangkan.   Dan perlu atau tidak itu bergantung kepada kebutuhan dan tingkat kemaniakan Sampeyan….?
Pada bagian ini saya akan menunjukkan tiga cara pengembangan program.   Jika Anda cukup kreatif  tentu dapat mengembangkannya lebih banyak lagi.   Dan saya berlepas masalah itu….

Oke ! sekarang pandanglah untuk terakhir kalinya tampilan dari menu utama CSPE yang saya desain.  Karena saya yakin Anda akan mempermaknya.    Mosok program CopyLeft tidak dipermak, yaa…. Itu namanya rugi dan males berat !..?  Buat apa dong open source… hayo…. Kreatiflah !   Jangan biarkan Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lembek ! Oke ? Saya tidak keberatan program ini dibuat hancur habis,  malahan saya keberatan jika Anda tidak melakukannya..  Nanti yang terkenal (sekaligus tercemar…?) Cuma saya saja dong .    …. Saya tidak butuh terkenal, buat apa,  tapi saya butuh doa Sampeyan !  jadi please… doain saya ya…?!  Syukur-syukur bisa 3 kali sehari satu doa … (hehehe kaya dosis minum obat ya?)  Kalau tidak bisa ya… ya satu hari sekali.  Kalau tidak bisa ya satu minggu sekali.  Kalau tidak bisa ya  satu bulan sekali.  Kalau tidak bisa ya.. satu tahun sekali.  Kalau masih tidak bisa ya… seumur hidup sekali….  (ini dia… sufi-nya muncul…?, gaya bahasanya itu lho… terkontaminasi sama wejangan-wejangan Al-hadist Rassullilah)


Gambar 5.30. :  tampilan menu utama standar

Kita akan melakukan tiga pengembangan, yaitu :
•    Mengubah logo
•    Mengubah background
•    Menambah atau mengurangi fasilitas pilihan yang ada.
Jabaran selengkapnya dapat kita lihat pada pembahasan berikut.

4.1. Mengubah Logo

Uintuk mengubah Logo pergilah ke folder CSPE.  Lalu carilah   file yang bernama IMAGE2.JPG.   Inilah file logo yang ada di program CSPE.   Kita akan mengubahnya dengan  sembarang gambar. 


Gambar 5.31. :  mencari file Image2.jpg di folder cspe

Setelah menemukan file image2.jpg, langkah selanjutnya adalah menghapusnya.  Menghapusnya ?  ya, menghapusnya !  Mengapa ?   Jika kita tidak menghapusnya kita akan mengalami sedikit masalah saat  mengganti nama file gambar baru dengan nama yang sama.  Jadi hapus file ini.


Gambar 5.32. :  menghapus file image2.jpg

Klik kanan pada saat file image2.jpg terpilih.  Akan keluar suatu menu konteks dengan beberapa pilihan. Kita pilih Delete  untuk menghapusnya.  Jika proses berjalan dengan benar, maka akan ditampilkan jendela Confirm File Delete, dengan pesan : Are you sure you want to send ag2.jpg’ to the Recycle Bin?  (Apakah sudah yakin untuk mengirim file image2.jpg ke Recycle Bin?).  Pada saat ini klik Yes untuk setuju dan No untuk batal.  Kita klik Yes.


Gambar 5.33. :  konfirmasi penghapusan file.

Sekarang kita, anggap saja, pergi ke folder Logo, dimana gambar baru pengganti logo berada.  Misalnya kita klik al3.jpg. 


Gambar 5.34. :  memilih gambar logo baru
Setelah mengklik file yang tepat, lakukan klik kanan sehingga menu konteks tampil.  Lalu pilih Copy.  Dengan cara ini file tersebut telah dicopy ke memory.


Gambar 5.35. :  mengcopy file

Sekarang kita pergi ke folder CSPE, dimana program utama CSPE berada.  Lalu, pada sembarang bagian kosong dari panel sebelah kanan Windows Explorer, lakukan klik kanan.  Suatu menu konteks akan tampil.  Kita pilih Paste. Maka file al3.jpg akan dicopykan ke folder tersebut.


Gambar 5.36. :  memasangkan gambar

Tidak percaya ?  Cobalah Anda teliti pada folder tersebut.  Seharusnya ada file yang bernama al3.jpg.  Klik file tersebut, sehingga ia aktif terpilih.


Gambar 5.37. :  memilih file al3.jpg

Klik kanan lagi, sehingga menu konteks akan tampil.  Saat ini kita pilih Rename.  Kita akan mengganti namanya menjadi image2.jpg.


Gambar 5.38. :  melakukan proses ganti nama

Begitu kita pilih Rename, maka kita dapat mengganti nama file lama menjadi : Image2.jpg.


Gambar 5.39. :  mengubah nama gambar menjadi image2,jpg.

Sampai batas ini, selesailah proses penggantian logo.  Untuk membuktikan apakah logo sudah berubah atau belum, panggilah file CSPE.HTM. Atau bisa Anda lakukan dengan mengklik ganda icon CSPE yang berada pada desktop.  Sederhana bukan ?
Berikut ini adalah contoh tampilan beberapa logo.  Kita dapat mengisinya dengan sembarang gambar dengan cara di atas. 


Gambar 5.40. :  hasil akhir penggantian logo.

Bagaimana hasilnya?  Lumayan ya?  Atau jika kita ingin memasangkan gambar orang, atau foto barangkali, dilakukan dengan cara yang sama.  Asalkan ia berformat JPG.    Pada contoh berikut ini saya pasangkan gambar cewek.  Saya ambil ngawur aja.  Pokoknya cewek…. Hehehe..?  Na…na… na….Saatnya mencari foto janda sebelah nih !  husss !


Gambar 5.41. :  contoh hasil manipulasi 2


Gambar 5.42. :  contoh hasil manipulasi  3

Nah ! modifkasi yang satu ini bagaimana ?  pokoknya ooooooooooks banget….!!! (walah…. Bahasanya …. Gaul abiz…?)

4.2. Mengubah Gambar Latar (background)

Uintuk mengubah gambar latar (kalau Anda tidak tahu apa itu gambar latar,  ia sama dengan background,,…?) pergilah ke folder CSPE.  Lalu carilah   file dengan nama st.gif.  dan lakukan prosedur yang sama dengan cara penggantian logo.  Cari nama file st.gif dan dihapus.  Lalu cari nama file yang akan dipasangkan.  Pokoknya formatnya harus GIF.  Setelah menemukan file yang kita anggap cocok, misalnya nama file tersebut adalah  X.GIF.  Lakukan klik kanan, sehingga menu konteks tampil.  Dan kita pilih Copy.  Lalu pergi ke folder dimana st.gif semula berada (pada contoh ini berada di folder CSPE. Lakukan klik kanan.  Pada saat menu konteks konteks terlihat, kita pilih Paste.  File X.GIF akan dicopykan di folder tersebut.  Langkah selanjutnya adalah mengganti nama  X.GIF menjadi ST.GIF.  Lalu jalankan file CSPE.HTM.  dan lihatlah hasilnya ! 
Berikut ini adalah contoh modifikasi gambar background.


Gambar 5.43. :  contoh pengubahan background (1)


Gambar 5.44. :  contoh pengubahan background (2)


Gambar 5.45. :  contoh pengubahan background (3)

‘gimana hasilnya?  Funky abiizzz ndak…? Hehehe pinjam istilahnya anak muda nih…?  Atau jangan-jangan malah bikin puyeng ya….  Itu semua terserah Sampeyan…  saya sih sekadar menunjukkan jalan bagaimana melampiaskan “kegilaan terpendam” Sampeyan…..?

4.3. Menambah pilihan  manipulasi program

Pengembangan  lain yang amat perlu kita kuasai adalah memasukkan sejumlah manipulasi-manipulasi lainnya kedalam submenu program CSPE.   Sehingga akan membuat program CSPE menjadi lebh ampuh.  Ada tiga langkah standar yang perlu kita perhatikan untuk memodifikasi program.  Yaitu :
•    Memahami tambahan manipulasi apa yang akan kita masukkan.  ..?   terdengar aneh ya ?  Benar, tapi ini amat vital.   Jika kita tidak paham dengan apa yang akan kita pasangkan, maka bagaimana kita bisa memasangkannya?  Benar bukan? Misalnya kita akan menghilangkan failitas Find pada menu start.  Tapi kita tidak tahu subkey yang tepat yang menangani manipulasi tersebut.  Ini kan aneh. 
•    Memasukkan program tambahan untuk membuat tampilan dengan html.  Langkah ini pun perlu kita pahami.  Kita harus dapat dengan tepat melakukan penyisipan tambahan listing program HTML.
•    Memasukan / membuat nama variabel subkey registry dengan VBScript.  Langkah awal dalam mulai menangani manipulasi Vbscript adalah memeriksa  daftar nama variabel yang ada pada inisialisasi variabel untuk VBScript.  Jika sudah ada tentu saja kita tidak perlu membuatnya.  Jika tidak ada maka buatlah !
•    Membuat vbscript yang menangani proses manipulasi.  Langkah terakhir adalah membuat tambahan perintah Vbscript dan dengan tepat menyisipkannya.
Untuk memperjelas pemahaman Anda, berikut ini kita akan melakukan praktek langsung dengan CSPE.  Anggap saja kita akan menambah manipulasi untuk Net Meeting.  Misalkan kita ingin mematikan tombol WhiteBoard.
Pertama kali, kita akan menganalisis data-data  yang dibutuhkan untuk mewujudkan rencana tersebut,  sebagai berikut :

•    Key: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Conferencing\Policies.
•    Nama Value: NoNewWhiteboard
•    Jenis Data: dword

Langkah kedua, membuat tampilan dengan html.   Karena kita akan membuat tambahan pada submenu Net meeting maka konsentrasi kita arahkan  pada submenu tersebut.   Berikut ini adlalah penggalan lengkap dari submenu net metting.  Sengaja saya tampilkan komplit (pake telor kali…?), sehingga Anda tahu persis dimana saya melakukan penambahan. Juga dalam rangka membantu kesehatan mata kita heheheh ..?, maka hurufnya akan saya buat cetak tebal dan lebih besar.  (kalau sampai bingung dan tidak tahu yaaa… kebangeten namanya…?)  Saya tidak akan berpanjang lebar menerangkannya… coba perhatikan dan bandingkan dengan baris-baris program aslinya.  Saya yakin Anda akan dapat dengan mudah memahaminya.

===Sub Menu NET MEETING program CyberSufi Policy Editor

 (sorry... no listing )

===


Langkah ketiga, adalah memeriksa dengan Vbscript.   Tepatnya mencari dan memeriksa keberadaan subkey yang akan di manipulasi.  Jika tidak ada, ya… silahkan buat.  Jika ada.. kita biarkan saja.  Bagian subkey yang sudah ada dan sama saya tandai dengan cetak tebal dan huruf lebih besar. Pada kasus ini kita tidak membuat subkey baru, karena subkey yang dibutuhkan sudah ada..  Penggalan lengkapnya adalah sebagai berikut :


'===============inisialisi variabel dan subkey
Set WSH=CreateObject("WScript.Shell")
skad="HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\ActiveDesktop\"
skd="HKCU\Control Panel\Desktop\"
ske="HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\"
skdoc="HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\explorer\Desktop\NameSpace\{450d8fba-ad25-11d0-98a8-0800361b1103}\"
skdos="HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\WinOldApp\"
skAdv="HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\"
skie="HKCU\Software\Policies\Microsoft\Internet Explorer\Restrictions\"
skie2="HKCU\Software\Policies\Microsoft\Internet Explorer\Control Panel\"
sknet="HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Network\"
sksys="HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\"
sks="HKLM\System\CurrentControlSet\Control\FileSystem\"
sku="HKLM\System\CurrentControlSet\Control\Update\"

sknm="HKCU\Software\Microsoft\Conferencing\Policies\"
skboo="HKCU\.DEFAULT\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run\"
skuser="HKCU\Software\Microsoft\MS Setup (ACME)\User Info\"
skwe="HKCU\Software\Microsoft\Internet Explorer\Toolbar\"
skWL="HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\WinLogon\"
skm1 ="HKCR\CLSID\{5b4dae26-b807-11d0-9815-00c04fd91972}\"
skm2 ="HKCR\CLSID\{5b4dae26-b807-11d0-9815-00c04fd91972}\InProcServer32\"

dv3="REG_DWORD"
dv2="REG_SZ"
dv1="REG_BINARY"


Langkah keempat adalah membuat program VBScript, yang berguna untuk memeriksa manipulasi VBSCript yang akan dilakukan di registry.   Oh iya… tambahan baris program saya tandai dengan berbeda.   Penggalan selengkapnya adalah sebagai berikut :


'====================== Manipulasi Net Meeting ===========================
sub nm
Dim Mnm
'-------------------------------  nochat
nvnm1=0
if nm1.Checked Then
nvnm1= 1
WSH.RegWrite sknm & "NoChat",nvnm1,dv3
         mnm = mnm & " * Tombol Chat"
End If
      pronet.Value = mnm
WSH.RegWrite sknm & "NoChat",nvnm1,dv3
'--------------------------------- noshare
nvnm2=0
if nm2.Checked Then
nvnm2= 1
WSH.RegWrite sknm & "NoSharing",nvnm2,dv3
         mnm = mnm & " * Tombol Share"
End If
      pronet.Value = mnm
WSH.RegWrite sknm & "NoSharing",nvnm2,dv3
'--------------------------------- Tab general
nvnm3=0
if nm3.Checked Then
nvnm3= 1
WSH.RegWrite sknm & "NoGeneralPage",nvnm3,dv3
         mnm = mnm & " * Tab General"
End If
      pronet.Value = mnm
WSH.RegWrite sknm & "NoGeneralPage",nvnm3,dv3

'----------------------------------- Tab security
nvnm4=0
if nm4.Checked Then
nvnm4= 1
WSH.RegWrite sknm & "NoSecurityPage",nvnm4,dv3
         mnm = mnm & " * Tab Security"
End If
      pronet.Value = mnm
WSH.RegWrite sknm & "NoSecurityPage",nvnm4,dv3

'------------------------------------- No Audio
nvnm5=0
if nm5.Checked Then
nvnm5= 1
WSH.RegWrite sknm & "NoAudioPage",nvnm5,dv3
         mnm = mnm & " * Tab Audio"
End If
      pronet.Value = mnm
WSH.RegWrite sknm & "NoAudioPage",nvnm5,dv3
'------------------------------------- No Video
nvnm6=0
if nm6.Checked Then
nvnm6= 1
WSH.RegWrite sknm & "NoVideoPage",nvnm6,dv3
         mnm = mnm & " * Tab Video"
End If
      pronet.Value = mnm
WSH.RegWrite sknm & "NoVideoPage",nvnm6,dv3


‘ tambahan VBScript
'------------------------------------- No White Board
nvnm7=0
if nm7.Checked Then
nvnm7= 1
WSH.RegWrite sknm & "NoNewWhiteBoard",nvnm7,dv3
         mnm = mnm & " * Tab WHiteBoard"
End If
      pronet.Value = mnm
WSH.RegWrite sknm & "NoNewWhiteBoard",nvnm7,dv3

‘-------------------------------------- batas akhir tambahan


end sub


Setelah berhasil melakukan empat langkah di atas, jangan lupa untuk menyimpan file yang diubah. Jika kita jalankan program CSPE hasil modifikasi di atas, maka akan terlhat sebagai berikut :



Gambar 5.46. :  pilihan baru hasil modifikasi muncul

Dapat kita lihat akan muncul satu tambahan pilihan baru pada submenu Net Meeting, yaitu : Matikan Tombol Whiteboard.  Jika kita klik pilihan tersebut seharusnya akan muncul  penanda aktifnya pilihan tersebut pada menu Ringkasan.   Anggap saja kita memeriksa submenu Ringkasan.  Hasilnya adalah seperti berikut :



Gambar 5.47. :  tampilan pada kontrol proteksi juga sudah ikut aktif

Yap!  Disitu muncul tulisan *Tab Whiteboard.   Ini Artinya manipulasi tersebut sudah kita pilih dan Aktif.
Okeeeeeeeeee… Sampai batas ini.  Selesailah sudah proyek kita membuat Policy Editor. Semoga berguna !


============================================================================
Menghidupkan regedit yang tidak dapat diimpor ke registry

Seorang sysadmin (atau maniak regisistry…?) yang teliti akan mengamankan registry dengan beberapa level keamanan. 
* Langkah pertama yang ditempuh biasanya adalah memasangkan policy (kebijakan) mencegah pengubahan registry dengan memasangkan proteksi  nama value jenis string yaitu : “DisableRegistryTools “ dengan nilai valuenya = 1 di subkey  :
HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\
Atau
HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\
Proteksi ini dapat diatasi dengan mengganti nilainya menjadi 0 (nol) atau menghapus nama value  DisableRegistryTools.  Caranya ? bergantung kepada proteksi yang ada pada saat itu.  Tapi cara tergampang tentu saja memakai program CSPE… oke?   (promosi dikit nih….?)
* Langkah kedua, adalah mungkin, membatasi dengan mencegah pemakaian program Registry Editor (regedit.exe) dengan perintah RestrictRun.
Proteksi dengan jenis ini dapat diakali dengan mengganti nama file regedit.exe menjadi nama file lain yang diijinkan untuk dijalankan.   Misalnya file notepad.exe dapat dijalankan.  Maka hapus atau ganti nama file notepad.exe  tersebut dengan nama lain.  Lalu ganti nama file regedit.exe dengan notepad.exe … beres !!! heheh..??
* Langkah ketiga adalah dengan memanipulasi  asosisasi file !   Nah.... akibat dari manipulasi ini, file dengan jenis REG tidak akan dapat diimpor masuk ke registry bila nama file tersebut diklik ganda dari Windows Explorer.
Untuk mengatasi hal ini  kita harus mengubah asosiasi file REG.  Caranya ?  Lihat jabaran berikut ini.

Pertama kali kita panggil fasilitas Folder Options dari menu Start.  Klik Start, pilih Settings dan pilih Folder Options….


Gambar 5.48. :  memanggil folder options….

Jendela folder Options akan tampil dengan tiga tab.  Klik tab  File Types.  Maka akan tampil deretan nama jenis file yang resmi terdaftar di Windows.  Carilah jenis file yang bernama  Registration Entries.  Lihat gambar 5.49.

Gambar 5.49. :  klik tab File Types dan mencari jenis file Registration Entries

Setelah ditemukan jenis file tersebut.  Klik ganda atau  klik tombol Edit.. karena kita akan memanipulasinya.  Isi standar dari jenis file ini adalah adanya kemampuan untuk mengedit dengan pilihan Edit, memasukkan data ke registry dengan pilihan Merge.  Juga kemampuan untuk mencetak ke printer.


Gambar 5.50. :  kondisi standar jenis  file Registration Entries

Dapat kita lihat pada gambar bahwa dari ketiga pilihan yang ada, ternyata pilihan Merge adalah yang tercetak tebal.  Cetak tebal ini menandakan bahwa Merge adalah pilihan default yang akan dijalankan, jika kita mengklik ganda file jenis REG.   
Sampai batas ini apa yang harus kita lakukan ?  bergantung kepada kondisi yang ada.  Jika sang sysadmin tidak begitu sadis…(hehehe..?) biasanya akan memilih pilihan  Edit dan mengklik tombol Set Default.  Dengan cara ini maka posisi default akan bergeser ke pilihan Edit.  Sehingga pilihan Edit akan terlihat dicetak tebal.    Akibatnya ?  jika kita klik ganda file jenis REG, data tidak akan dimasukkan ke registry.  Tapi data malahan akan ditampilkan untuk diedit.  Biasanya ditampilkan dengan program Notepad.
Kalau sysadmin-nya cukup kejam ia akan menghapus seluruh pilihan yang ada.  Artinya pilihan Edit, Merge, dan print akan dihapus semua dengan tombol  Remove.   Dengan cara ini memang jenis file masih terregistrasi, tapi isinya kosong !  Tentu saja proses pengaktifan file jenis REG akan tidak berfungsi sama sekali.  Duuuh….. sehingga tampilannya lebih kurang seperti  gambar 5.51.

  
Gambar 5.51.:  file asosiasi yang terkunci

Perhatikan pada  bagian File type details.   Pada isian Extension berisi data REG.   Sedangkan pada bagian Opens with-nya  kosong !  
Jika sysadmin orangnya sadis  …hehehe…?, maka ia tidak akan tanggung-tanggung, jenis file tersebut    akan dihapus !  Jadi tidak akan masuk lagi ke asosiasi file.  
Nah… untuk mengembalikan lagi.  Kita harus membuat pilihan-pilihan yang telah dihapus tersebut ! 
Untuk keperluan tersebut, maka kita akan melihat isi dari setiap pilihan yang ada.  Untuk Pilihan Edit isinya biasanya adalah : c:\windows\notepad.exe.
Klik tombol New… lalu buatlah Action  Misalnya Edit, Merge atau Print.  Lalu pada isian Application  used to perform action  isilah dengan data yang sesuai.  Lakukan proses pembuatan ini untuk pilihan-pilihan yang telah dihapus. 


Gambar 5.52. :  isi dari pilihan Edit

Untuk pilihan Merge data yang dipasangkan biasanya adalah : regedit.exe “1%”.  Lihat gambar 5.52.  Khusus untuk pilihan ini, pada saat ia kita pilih, klik tombol Set Default.  Tujuannya agar pilihan ini menjadi pilihan default yang dijalankan saat file jenis REG diaktifkan.


Gambar 5.53. :  isi dari pilihan Merge

Sedamgkan untuk pilihan Print, datanya adalah :  c:\windows\notepad.exe /p.  lihat gambar 5.54.


Gambar 5.54.:  isi dari pilihan Print

Bila jenis file telah dihapus total, maka pada saat tampilan tab File Types muncul.  Klik tombol   New Type…  untuk membuat masukan asosiasi file baru.   Lalu ketikkan  Registration Entries.  Baru setelah data tersebut terbentuk,  lakukan pembentukan pilihan yang ada.  Klik ganda jenis file yang baru dibentuk dan buat pilihan-pilihan seperti yang telah dijabarkan di atas.    Beres   Boss  !!!
==============================================================================
==============================================================================
CSPE : Windows XP ?
Apakah program CSPE ini dapat dijalankan dengan sistem operasi Windows versi lainnya?  Jawabnya : YA !  Tapi manipulasi yang ada berjalan atau tidak itu urusan lain ! …???  Mengapa ? karena terkadang untuk versi Windows satu dengan lainnya akan memakai perintah  manipulasi registry yang agak berbeda.  Namun demikian memang ada beberapa manipulasi registry standar yang berlaku untuk seluruh versi Windows.  Sebagai bukti kita akan mencoba menjalankan program CSPE ini di Windows XP.  Windows XP yang dipakai sebagai model adalah Windows XP professional.   
Oh iya… menu pemicu pada desktop yang dibuat dengan registry   tidak akan berjalan mulus pada windows XP.  Jadi jika ingin memakai CSPE pada Windows XP lakukan secara manual saja.  Artinya carilah file CSPE.HTM  pada folder CSPE dan lakukan klik ganda !  Tidak perlu Anda memasukkan data CSPEI.REG ke registry.  Jika Anda nekat melakukannya terpaksa untuk proses uninstall menu pemicu harus Anda lakukan secara manual. 
Oke …! Anggap saja kita telah memanggil file CSPE.HTM dengan Windows XP.  Program akan berjalan dengan tampilan sebagai berikut :


Gambar 5.55. :  program CSPE berjalan lancar di Windows XP

Yaap… program akan tampil.  Kita dapat melakukan pemakaian program sebagaimana biasanya.  Cuma jangan kaget bila ada beberapa manipulasi yang tidak bekerja.  Ini disebabkan masalah  manipulasi  registry tertentu yang spesifik pada sistem operasi Windows 98 tidak didukung oleh Windows XP ! 
Kita ambil satu contoh. Misalnya  manipulasi  penghilangan display properties utnuk tab Desktop.  Tampilan standarnya adalah sebagai berikut :

Gambar 5.56.:  tampilan tab desktop asli

Sekarang aktifkan program CSPE dan pergilah ke pilihan Control Panel.  Klik pilihan Hilangkan Tab Background Display  Properties.  Pada saat ini kita boleh keluar dari program CSPE atau tetap membiarkannya aktif.


Gambar 5.57. :  klik pilihan Hilangkan Tab Background Display  Properties

Lalu pergilah ke desktop.  Lakukan klik kanan sehingga menu konteks tampil.   Pilihlah Properties untuk memanggil jendela Display Properties.


Gambar 5.58. :  memanggil  menu konteks dan memilih Properties

Perhatikan tampilannya !  lihatlah tab Desktop sudah tidak ada lagi.  Ini membuktikan bahwa manipulasi registry dengan program CSPE berhasil dilakukan.  Senyum dong…..?


Gambar 5.59.:  tab  Desktop amblas !!!

==============================================================================


Download bab 5 BDRW:MPE  dalam bentuk Ebook PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar