Kamis, 17 Februari 2011

Registry Mania : Melihat permission dengan regedit

Kita akan melihat permission registry dengan regedit. Caranya bagaimana ? Gampang saja ! Bukalah Regedit dan kita menuju ke sembarang subkey.  Sebagai contoh kita pergi ke subkey  :

HKEY_LOCAL_MACHINE\SAM\SAM


Peta visualnya adalah sebagai berikut :



Gambar :  subkey target

Pada subkey tersebut kita lakukan klik kanan sehingga muncul menu konteks.   Lalu pilihlah Permissions…


Gambar :  memanggil menu konteks

Akan ditampilkan jendela dengan caption : Permission for SAM

Gambar :  jendela permission

Pada gambar terlihat bahwa pada bagian Groups or user names, terdapat  empat user atau group, yaitu :  Adminstrator, Everyone, Restricted dan System.  Jika kita klik administrator maka pada bagian Permisson akan terlihat bahwa kondisi permission yang dipunyai adalah Full control dan  Read dalam keadaan diijinkan (Allow).  Ditandai dengan dicentangnya kotak di bawah Allow.  Sedangkan pada Deny (ditolak)  tidak tercentang.  Ini berarti bahwa seorang administrator mempunyai hak atau ijin (atau permission) untuk mengendalikan sistem operasi secara penuh, dan bisa membaca datanya.
Sekarang kita lihat user berikutnya : Everyone .


Gambar :  status everyone

Jika kita klik Everyone maka pada bagian Permisson akan terlihat bahwa kondisi permission yang dipunyai hanya Read dalam keadaan diijinkan (Allow).  Ditandai dengan dicentangnya kotak di bawah Allow.  Full Control dan Special permissions tidak dicentang,  Ini berarti bahwa seorang user dengan kategori Everyone hanya diperbolehkan membaca saja.  Menyedihkan ya?…?


Gambar :  status restricted

Jika kita klik Restricted, maka pada bagian Permisson akan terlihat bahwa kondisi permission yang dipunyai hanya Read dalam keadaan diijinkan (Allow).  Ditandai dengan dicentangnya kotak di bawah Allow.  Ini berarti bahwa seorang user dengan kategori Restricted hanya diperbolehkan membaca saja.   Sama dengan Everyone !


Gambar :  status System

Jika kita klik System maka pada bagian Permisson akan terlihat bahwa kondisi permission yang dipunyai adalah Full control, Read dalam keadaan diijinkan (Allow).  Ditandai dengan dicentangnya kotak di bawah Allow.  Ini berarti bahwa System mempunyai hak atau ijin untuk mengendalikan sistem operasi secara penuh, dan bisa membaca datanya.  Sama dengan hak Administrator.
Jika kita ingin mengatur permission secara lebih detail, maka klik tombol Advanced.  Misalnya kita klik tombol tersebut, maka akan tampil jendela Advanced Security Settings  for SAM. 
Pada tampilan terlihat bahwa status permission akan terlihat berbeda-beda.  Administrator dan System mempunyai permission full control, sedangkan untuk Everyone dan Restricted hanya baca saja.


Gambar :  advanced settings

Saya tidak akan tenggelam membahas masalah pengaturan ini, karena akan melenceng dari tujuan utama tulisan ini.  Pelajari sendiri.  Kita cuma melihat-lihat saja bagaimana ia ada di registry.


Note : [Remake BDRW:MKWXP-18]
Tri Amperiyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar