Selasa, 30 November 2010

Registry Mania : Bagaimana melihat subkey Registry yang dikunci ?

Pada Registry terkadang akan terdapat beberapa subkey yang tidak dapat dilihat isinya. 
Hal ini mungkin saja terjadi pada beberapa subkey yang isinya mungkin dianggap berbahaya atau rawan.
Untuk dapat membaca  isi dari beberapa subkey yang dikunci kita harus dalam kondisi : Full Control !  Alias kita harus menjadi administrator.

Jika tidak dalam level administrator, maka kita akan kesulitan dalam menampilkannya.  Bahkan terkadang, meskipun kita dalam kondisi sebagai Administrator, tidak semua subkey dapat dilihat isinya !  Bagaimana mengatasi masalah ini? Sederhana. Periksalah status permission-nya! Sekarang, misalkan kita ada di subkey SAM. ... :)   [subkey SAM adalah salah satu subkey yang amat dilindungi oleh sistem operasi Windows, karena berisi data-data vital sistem.  seperti : nama pemakai, password]



Gambar: memanggil menu konteks

Sebagai contoh, kita akan melihat melihat subkey SAM ternyata isinya tidak dapat tampil  (padahal kita dalam status sebagai admin), Untuk itu, klik kanan subkey yang akan diubah status permission-nya.  Saat menu konteks tampil, pilih Permissions…
 

Gambar: properties

Jendela Permission akan tampil dengan data-data permission dari subkey tersebut.  Tentukan user yang akan memakainya. Pada contoh ini, misalnya untuk Administrator.  Dari gambar tersebut kondisi administrator tidak dalam keadaan full control.  Pantas saja, jika isi subkey tidak mau muncul.  Klik pilihan Full control, sehingga kondisi Allow menjadi tercentang.


Gambar:  mengklik Fuill Control

Setelah mencetang pilihan Full Control, jangan lupa untuk menyimpan perubahan ini dengan meng-klik Ok.
Coba lihat kembali subkey yang nakal tadi. Seharusnya akan terlihat isinya! Artinya, registry dalam kendali kita sepenuhnya !



PERHATIAN !!!
LAKUKAN BACKUP PADA SISTEM KOMPUTER ANDA 

SEBELUM BERMAIN-MAIN DENGAN REGISTRY ! 
JIKA LALAI, BERSIAPLAH DENGAN YANG TERBURUK


.
Note : [Remake BDRW:MKWXP-2]
Tri Amperiyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar