Selasa, 06 Juli 2010

BDVM - BAB 7 Manipulasi Pesan Sponsor

BAB 7
Manipulasi Pesan Sponsor


Setelah belajar beberapa jurus yang dianggap ampuh, seorang pendekar biasanya akan gatal untuk menguji coba jurus dan ilmu yang dikuasainya.   Nah! Nah! Biasanya ia memproklamirkan dirinya secara resmi atau tidak resmi.   Maka ia akan membuat suatu surat tantangan atau sekedar informasi tentang eksistensinya.  Pihak lain hanya diberi kesempatan untuk memaklumi baik secara sukarela ataupun paksaan. He.. he..he…:).  habis mau protes bagaimana?  Kepada siapa?


Kebanyakan virus dibuat oleh pemrogramnya untuk pamer dan sok jago!  Tentu saja ada yang dipakai untuk tujuan lain, yang terkadang untuk kepuasan egonya.  Yang terparah adalah untuk bisnis !!! he… he.. :)
Pada bagian ini kita akan membuat beberapa manipulasi yang sifatnya untuk pamer.  Saya menyebutnya dengan pesan sponsor.

1.    Pesan sponsor pada pilihan Help About word

Pada program word terdapat satu perintah yang bernama About.  Tepatnya pada perintah Help. Oleh pembuat word, biasanya dipakai sebagai suatu informasi ringkas tentang produk atau program tersebut. Misalnya : nomer serinya, release-nya dan tentu saja masalah copyright.  Kita dapat mengganti kotak informasi tersebut dengan informasi untuk virus kita .
Misalnya kita akan tuliskan suatu pesan : Tidak ada sakit karena luka, bila hal itu menyenangkanmu!.
Wah…. Puitis yah?  Beginilah ceritanya dulu mau jadi seorang seniman, tapi gagal! He.. he…:)  Listing programnya adalah sebagai berikut:

Sub HelpAbout()
x = MsgBox("Tidak ada sakit karena luka," & Chr(13) & "bila hal itu  menyenangkanmu!", vbOKOnly + vbExclamation, "MegatRuh - Cyber Sufi")
 End Sub

•    Sub HelpAbout()
Sub prosedur yang kita buat harus diberi nama HelpAbout.  Nama ini termasuk nama sub prosedur built-in yang ada pada program word.   Word memakainya untuk menampilkan kotak pesan Aboutnya.

•    x = MsgBox("Tidak ada sakit karena luka," & Chr(13) & "bila hal itu  menyenangkanmu!", vbOKOnly + vbExclamation, "MegatRuh - Cyber Sufi")
Perintah ini untuk menampilkan kotak pesan yang kita buat. Ia hanya akan menampilkan tombol Ok dan icon yang bergambar segitiga kuning peringatan.

•    End Sub
Perintah ini berpasangan dengan sub HelpAbout.  Sebagai pelengkap agar program dapat berjalan dengan benar.

Ya! Ya! Ya! Tentu saja Anda dapat ubah pesan tersebut sesuai dengan keinginan Anda.  Ini sekedar contoh kok.  Jika kita nanti memakai Word dan virus MegatRuh aktif, pada saat kita klik Help dan memilih About Microsoft Word,  akan keluar pesan sponsor yang kita  buat, seperti terlihat pada gambar berikut.


Gambar :  pesan sponsor HelpAbout

2.    Menampilkan pesan pribadi

Sebagai pelengkap manipulasi pesan sponsor yang  kita  bentuk. Manipulasi berikut ini akan menampilkan pesan pribadi. Listing programnya adalah sebagai berikut:


Sub pesanku()
x = MsgBox("MegatRuh - Cyber Sufi : Hope Beyond Hope …", vbOKOnly, "MegatRuh")
End Sub




•    Sub pesanku()
Kita buat sub prosedur baru dengan nama PESANKU\().  

•    x = MsgBox("MegatRuh - Cyber Sufi : Hope Beyond Hope …", vbOKOnly, "MegatRuh")
Perintah ini jika aktif akan menampilkan kotak dialog dengan pesan : MegatRuh  - Cyber Sufi… Hope beyond Hope…

•    End Sub
Merupakan pasangan dari sub pesanku.

Seandainya virus bekerja dan pesan ini aktif, maka akan ditampilkan kotak pesan hasil manipulasi virus, seperti terlihat pada gambar berikut.


Gambar :  hasil pesan sponsor Pesanku

Mungkin pada contoh model virus nanti, pesan ini tidak akan ditampilkan.  Lho… lalu kenapa dibahas?  Iseng saja kok?  Apa ndak boleh? He… he…. :)  sejujurnya ini hanya menunjukkan bahwa kita memang dapat membuat suatu pesan pribadi, bila kita mau. Begitu?


3.    Memasang pengenal pada user name di program word

Word diperlengkapi dengan suatu fasilitas untuk memasangkan nama dan keterangan tambahan lain bagi pemakainya.  Sehingga setiap aktifitas yang dilakukan oleh word, akan dicatatkan dengan nama tersebut.  Kita akan memasangkan tanda virus pada bagian ini.   Sehingga keberadaan virus menjadi tersosialisasikan kepada seluruh anak bangsa. Waduuh…. Bahasanya!!! terkena imbas para politikus yang sering berantem, nich …he… he…. :)


'Jurus : Jejak Pendekar (JP)
Sub JP()
Application.UserName = "MegatRuh - Cyber Sufi"
Application.UserInitials = "MR2001"
Application.UserAddress = "MegatRuh@asia.com"
End Sub



•    Sub JP()
Sub prosedur ini merupakan awal manipulasi penggantian nama pemakai default bagi program word.

•    Application.UserName = "MegatRuh - Cyber Sufi"
Perintah ini dipakai untuk mengisi nama pemakai dengan kata “MegatRuh – Cyber Sufi”, sehingga setiap aktifitas, misalnya pembuatan dokumen, nama tersebut akan dipakai sebagai keterangan pemakainya.

•    Application.UserInitials = "MR2001"
Dipakai untuk memasangkan inisial pemakai.  Pada contoh ini kita tuliskan MR2001.

•    Application.UserAddress = "MegatRuh@asia.com"
Dipasangkan alamat yang sesuai dengan kehendak kita.  Kita isikan misalnya alamat cyber saja : megatruh@asia.com. (Alamat email ini benar-benar ada lho….kalau mau beri saran kepada saya, email saja kesini.  Tapi kalau bertanya yang neko-neko tidak akan saya jawab.  Pusing…!!! He… he…:))

•    End Sub
Merupakan tanda berakhirnya prosedur  pemasangan identitas.

Untuk meyakinkan hasil dari manipulasi, misalnya sebelum terkena serangan virus, jika kita klik Tools, memilih Options, dan memilih tab User, maka tampilannya lebih kurang sebagai berikut.


Gambar :  isi dari tab user dalam option sebelum terkena virus

Anggap saja, virus buatan kita menyerang, maka hasil dari tampilan tab user akan berubah menjadi seperti terlihat pada gambar.


Gambar : isi tab user setelah terkena jurus  Jejak Pendekar



4.    Memasangkan  user name pada instalasi sembarang program

Pada bagian ini kita akan sedikit serius.  Kita akan memakai macro word untuk memanipulasi registry windows.  Tahu registry windows, bukan?  Registry windows adalah data-data standar yang ada pada windows.  Data ini dipakai oleh windows untuk menginisialisasi dirinya sendiri sehingga program dapat berfungsi dengan benar.
Salah satu data yang ada pada registry adalah data-data pemakai yang dipakai atau dipasangkan  pada suatu program saat diinstall.  Kita dapat mengisinya dengan data-data virus kita, sehingga nama pemakai yang dipasangkan adalah data-data milik kita.




'Jurus :Prasasti Siluman (PS)
Sub PS()
System.PrivateProfileString("", "Hkey_current_user\software\microsoft\msetup(Acme)\userinfo", "DefCompany") = "MegatRuh - Cyber Sufi"
System.PrivateProfileString("", "Hkey_current_user\software\microsoft\msetup(Acme)\userinfo", "DefName") = "Ambarawa-JawaTengah-Indonesia"
End Sub


•    Sub PS()
Kita buat suatu sub prosedur baru dengan nama PS. Singkatan dari Prasasti Siluman.  Perintah ini adalah awal prosedur manipulasi registry Windows via macro word.

•    System.PrivateProfileString("", "Hkey_current_user\software\microsoft\msetup(Acme)\userinfo", "DefCompany") = "MegatRuh - Cyber Sufi"
Perintah ini berguna untuk mengubah atau membentuk suatu nama value pada lokasi registry Hkey_current_user\software\microsoft\msetup(Acme)\userinfo.  Nama value yang dibentuk adalah DefCompany, sedangkan datanya adalah “MegatRuh – Cyber Sufi ”.

•    System.PrivateProfileString("", "Hkey_current_user\software\microsoft\msetup(Acme)\userinfo", "DefName") = "Ambarawa-JawaTengah-Indonesia"
Dengan perintah ini kita pasangkan keterangan tambahan untuk nama yang telah kita pasangkan.   Kita bentuk suatu nama value yang bernama DefName dengan datanya “Ambarawa-JawaTengah-Indonesia”.
Sekali-kali mengenang dan memperkenalkan nama tanah kelahiran boleh ’kan?  Ini bukan untuk aksi, hanya ikut membantu proses pengenalan daerah dalam rangka menjelang berlakunya otonomi daerah. Lho… lho…. Bahasannya dan bahasanya kok jadi ngawur?  Biarin panas nih kepala karena listing virus.   he… he… :)  anggap saja saya sedang terkena virus, sehingga lepas kendali otak, oke?! …:)

•    End Sub
Perintah ini merupakan tanda berakhirnya sub prosedur yang kita buat



=======================================================================
Ngomong-ngomong soal “pesan sponsor” alias unjuk gigi pamer eksistensi ini, hal itu biasa bagi pemrogram virus untuk sekedar menyombongkan diri dan biar ngepop alias dikenal banyak orang .   He…. he… :)  saya jadi teringat kata-kata teman saya yang cukup menyakitkan hati.   Waktu itu saya mengingatkannya : mengapa harus menyombongkan diri dan sok jagoan ?  ia menjawab dengan kalem, “saya ini orang miskin dan bodoh.  Saya tidak mungkin menyombongkan kekayaan saya, apalagi kejeniusan otak saya.  Kalau saya tidak menyombongkan kesombongan saya, apalagi dong yang bisa saya sombongkan ?!”
Rupanya ia ingin menegaskan bahwa saya tidak boleh begitu saja menghakimi seseorang hanya karena ia memakai cara yang tidak lazim dilakukan orang, juga jika saya tidak tahu benar alasan sebenarnya mengapa ia melakukannya. Saya terdiam dan hanya dapat mengutukinya dalam hati: Sufi sontoloyo!!! ..:)
=======================================================================


5.    Pesan sponsor saat windows dimulai

Kita dapat menampilkan pesan sponsor saat kita mengaktifkan windows..  Caranya? Kita manipulasi registry windows.  Berikut ini adalah program untuk mewujudkannya.


 ‘Jurus : Tantangan Pembuka (TP)
Sub TP
System.PrivateProfileString (“”,”Hkey_Local_Machine\software\microsoft\Windows\CurrentVersion\WinLogon,”LegalNoticeCaption”)=”MegatRuh – Cyber Sufi - LogOn ”
System.PrivateProfileString (“”,”Hkey_Local_Machine\software\microsoft\Windows\CurrentVersion\WinLogon,”LegalNoticeText”)=”Di atas langit ada langit, di atas harapan ada harapan, berdoalah!”
End Sub


•    Sub TP
Perintah ini dipakai untuk mulai membuat sub prosedur yang bernama TP.  Kependekan dari Tantangan Pembuka.

•    System.PrivateProfileString (“”,”Hkey_Local_Machine\software\microsoft\Windows\CurrentVersion\WinLogon,”LegalNoticeCaption”)=”MegatRuh – Cyber Sufi - LogOn ”
Digunakan untuk memasangkan kotak pesan saat windows diaktifkan.  Lokasinya berada di Hkey_Local_Machine\software\microsoft\Windows\CurrentVersion\WinLogon.  Sedangkan nama value yang dipakai adalah LegalNoticeCaption, dengan datanya “MegatRuh – Cyber Sufi - LogOn”

•    System.PrivateProfileString (“”,”Hkey_Local_Machine\software\microsoft\Windows\CurrentVersion\WinLogon,”LegalNoticeText”)=”Di atas langit ada langit, di atas harapan ada harapan, berdoalah!”
Dipakai untuk pesan yang ada dalam kotak. Lokasinya pada registry windows sama dengan perintah di atasnya.  Nama value yang dipakai adalah LegalNoticeText.  Kita ketikkan datanya “Di atas langit ada langit, di atas harapan ada harapan, berdoalah!”
Tentu saja Anda nanti bebas menggantinya dengan pesan atau puisi yang Anda inginkan.  Itu urusan Anda!
Wuuuih…. Galak ya? …:)

•    End Sub
Tanda berakhirnya sub prosedur yang kita buat. Singkat saja, soalnya mulai… capek !!! :)


Tentang PrivateProfileString

Dari contoh-contoh manipulasi di atas, dapat kita lihat ternyata program visual basic word memang diperlengkapi perintah untuk mengakses registry windows.  Hanya saja khusus untuk memanipulasi data jenis string. Ini cukup merepotkan, bila kita ingin memasangkan data-data jenis lainnya, seperti jenis dword, atau binary. 
Untuk memasangkan data-data selain string, kita terpaksa harus mengakalinya.  Caranya? nanti kita bahas pada bagian manipulasi dengan file jenis REG.
Yang jelas, kegunaan perintah ini adalah untuk mengambil atau men-set suatu string dari suatu file setting atau data dari registry windows. Begitu?


Download bab ini dalam versi Ebook PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar