Senin, 06 Desember 2010

Registry Mania : Internet Explorer : pencatat jejak

Mungkin ada di antara kita yang kurang menyadari bahwa selain “cerewet”  Windows Explorer itu sebenarnya juga tukang main catat sembarangan. Loh…  ini maksudnya apa.  Pada saat kita memakai Windows Explorer, maka segala  kegiatan kita akan dicatat dalam history.  Ini akan terlihat jelas, jika
kita memakai Internet Explorer.  Tidak percaya ya? 
Mari kita lihat  Internet Explorer. Aktifkan Internet Explorer dan klik tombol History. 



Gambar :  memanggil history

Jika kita klik tombol histroy, maka akan muncul catatan sejarah kegiatan  kita.  Jeleknya tidak hanya kegiatan per-internet-an kita yang dicatat, namun juga kegiatan  pemakaian Windows Explorer.  Misalnya pada contoh saya klik history hari kemarin (Tuesday).  Perhatikan disitu terlihat dua kegiatan ber-internet dan My computer, sebagai berikut :

login.passport (login.passport.com)
My Computer
Thinkgeek (www.thinkgeek.com

Gambar :  melihat history Tuesday

Sekarang klik My Computer.  Lihatlah apa yang terjadi !  akan terlihat  file-file apa saja yang telah kita jalankan dengan Windows Explorer.  Ini  jelas intrusi privasi ! kegiatan pemakaian komputer akan dapat terdeteksi dengan jelas.  Tentu akan sedikit runyam, jika yang kita buka adalah file yang sifatnya sensitif dan rahasia. Misalnya : surat selingkuh…. Hehehe ? 
Bayangkan, hanya dengan dengan mengkliknya, file tersebut akan  dibuka/dijalankan. Repot bukan ? tapi lumayan juga lho buat dipakai sebagai  “keylogger” primitif.


Gambar :  daftar kegiatan akan terlihat




Note : [Remake BDRW:MKWXP-6]
Tri Amperiyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar