Jumat, 03 Desember 2010

Registry Mania : Tentang User RID

Bicara soal User RID  (Relative Identifier) dalam Registry, khususnya untuk  Subkey yang berada di bawah subkey Names, akan mempunyai kaidah yang aneh !
Kok bisa?  Kita buktikan ! kita panggil Regedit dan pergi ke lokasi :

HKEY_LOCAL_MACHINE\SAM\SAM\Domains\Account\Users\Names\Administrator

Tampilan visualnya adalah :



Gambar :  lokasi subkey

Perhatikan pada panel sebelah kanan tampilan.  Tepatnya pada field Type.  Isinya adalah 0x1f4.  Ini gila !!! Biasanya untuk isian field type adalah  jenis-jenis data seperti : DWORD, STRING, BINARY, bukan ?  Lha.. ini isinya  kok aneh ?  Isinya adalah kode RID (Relative Identifier) dari user.  Jadi user Administrator data-datanya ada di subkey yang bernama 1F4.
Jika kita tengok pada subkey Users.  Ternyata cocok dan memang ada.  Disitu dituliskan : 000001F4. 


Gambar :  subkey 1F4

Cobalah nanti buka komputer Anda, dan periksa subkey-subkey Names dan Users, yang lain untuk membuktikan kebenaran keterangan ini.
Ini memang melenceng dari kebiasaan, dan itu saya yakin disengaja !  :P
Biasalah saya pikir untuk masalah keamanan.  Karena user dikenali sistem  operasi Windows lewat RID. Bahkan pada proses pembentukan password pun, RID  ini dilibatkan sebagai kunci enkripsinya ! (kita akan melihatnya nanti…  sabar ya?)
Jadi jika dituliskan sebagai data biasa, tentu dapat dengan mudah kita mengubahnya.  Akibatnya sistem keamanan Windows bisa bobol !
atau mungkin kacau balau jika kita manipulasi seenaknya.  Dan agaknya Microsoft sudah memperhitungkan masalah ini ! Dengan ditulisnya data RID di  field TYPE kita tidak akan pernah dapat mengubahnya dengan Regedit ! jika ingin mengubahnya, sepertinya  kita harus memakai program khusus atau membuat  suatu program sendiri. Bah !!!


Note : [Remake BDRW:MKWXP-4]
Tri Amperiyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar