Senin, 27 Desember 2010

Registry Mania : Melihat Hives [cara lain] dan membackup registry

Bahasan berikut ini akan menunjukkan cara agar file hives dapat dibaca.  rumit ?  Ternyata tidak !

Folder sakti : %systemRoot%\Repair

Pada kenyataannya tidaklah segampang itu untuk melihat hives ?  Loh… kok bisa ?  iya…  karena untuk melihat hives, kita tidak dapat melihat file hive standar yang sedang dipakai oleh Windows.  File yang berkaitan akan dikunci oleh sistem operasi.  Tidak boleh disentuh sama sekali. Jadi tidak bisa dicopy, dihapus dan direname.  Untuk dapat menyentuhnya, misalnya mengubah datanya,  kita harus menjadi pemakai dengan level administrator dan  memakai Regedit.

Oleh karena itu, jika kita ingin melihat isinya dengan program lain, maka kita harus melihat file-file tersebut dari folder lain selain folder system yang menyimpan file-file hive aktif tersebut.  Kebijakan Windows ini kelihatannya masalah pengamanan data, saya pikir.  Jika tidak, tentu enak saja kita mengcopy file hives dan mengeditnya secara sembarangan.  Atau mungkin, malahan menghapusnya.  Dan hal itu dapat menyebabkan sistem operasi Windows menjadi lumpuh total.  Makanya jangan heran, jika Windows membuat peraturan yang ketat saat kita akan bermain-main dengan file hives tersebut.
Lalu bagaimana caranya melihat file Hive, jika tenyata file-file tersebut dalam kondisi dikunci oleh sistem operasi?   Cara gampang membuktikannya, ialah  dengan melihat folder yang bernama : \windows\Repair. 
Pada folder ini, akan terdapat file-file pembentuk Hives awal, yang dibuat  saat kita  menginstall sistem operasi Windows. Nah ! untuk saat ini, file-file  tersebut dapat kita lihat dengan WRFV.  Kita akan membahas secara lebih rinci bagaimana mendapatkan file-file hives tersebut.  Tenang saja … Salah satu caranya adalah seperti pada pembahasan berikut ini.


ERUNT : membackup registry

Program ini cukup aneh, menurut saya.  Saya coba pada komputer saya berjalan lancar.  Pada komputer  lain, terkadang akan membuat sistem operasi Windows menjadi panik dan crash lalu langsung melakukan booting ulang.  Saya ndak tau persis kenapa begitu !  Mungkin terkena “hotfix” atau “patch” lain?   Tapi itulah yang terjadi. Seandainya memang itu yang terjadi, ya… nasib sampeyan !..:) 
Anggap saja sampeyan bernasib baik.  Dan dapat menjalankan program ini.  Maka saat program dijalankan maka akan muncul jendela welcome!  Klik Ok. untuk menjalankan program.



Gambar :  tampilan awal Erunt

Akan muncul pesan : bahwa program ini akan membackup file registry dan menyimpannya di folder yang telah kita tentukan.  Klik Ok untuk melanjutkan proses dan Cancel utnuk membatalkannya.  Klik Ok, karena kita memang akan membackup data registry. 


Gambar :  memilih lokasi simpan

Langkah berikutnya, kita harus menentukan ke folder mana data akan disimpan.  Secara default biasanya program akan memberikan altenatif folder.  Pada contoh ini saya simpan di d:\windows\ERDNT\7-13-2005
Klik saja OK untuk terus dan Cancel untuk batal.  Jika kita klik Ok, maka akan keluar pesan konfirmasi yang menyatakan bahwa folder tersebut tidak ada.  Dan kita ditawari untuk membuatnya.  Klik Yes.


Gambar :  membuat folder

Program akan segera memproses data.  Tampilannya seperti terlihat pada gambar.


Gambar :  proses berlangsung

Jika proses berhasil dilakukan,  kita akan diberitahu bahwa proses  sudah berhasil dilakukan.  Dan kita dapat merestorenya jika kita mau ! Nah ! kita telah mendapatkan file-file hive. 

Gambar :  pesan sukses

Untuk melihat hasil backup, adalah dengan menuju ke folder tempat menyimpannya.  Tampilannya seperti terlihat pada gambar. Nah, dari folder inilah… file yang ada dapat kita manfaatkan untuk dilihat hivesnya dengan program WRFV.  Begitu, caranya !


Gambar :  isi folder 7-13-2005

Sebetulnya ada berbagai macam cara untuk mendapatkan file-file hives ini.  Kita akan membahasnya nanti secara lebih detail.  Tenang saja ! 




Note : [Remake BDRW:MKWXP-11]
Tri Amperiyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar