Jumat, 03 Desember 2010

Registry Mania : Beberapa cara membuat user acount (lagi)

Kita masih berkutat dengan masalah user. Sebenarnya pembuatan user baru ini  dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti :

1. Dilakukan dengan pilihan Add... di "Users and Passwords" -  Control Panel.. 


Saya tidak akan membahasnya.  Karena bagian ini, telah dilakukan pada  artikel sebelumnya. Lihat artikel Registry mania : Bagaimana user account dibuat ?


2. Dengan bantuan file  "Local Users and Groups" 

Windows mengikutsertakan dua file MMC (Microsoft Management Console) yang dapat dipakai untuk membuat user account baru, yaitu :  compmgmt.msc dan lusrmgr.msc.  Untuk membuktikannya, klik Start dan pergunakan pilihan Run…  Ketikkan COMPMGMT.MSC dan tekan Enter atau klik OK.



Gambar :  memanggil via Run…

==============================================================

MMC adalah singkatan dari Microsoft Management Console.  Dengan  MMC kita dapat membuat, menyimpan dan membuat tools administratif  yang mengatur perangkat keras, perangkat lunak dan jaringan yang ada pada sistem Windows.
 File yang merupakan bagian dari MMC, umumnya adalah file dengan akhiran *.MSC.  seperti : Gpedit.msc, compmgmt.msc, lusrmgr.msc, dll. Dengan adanya MMC ini akan membuat pemakai user lebih mudah dan leluasa mengatur setingan Windows.

==============================================================

Jendela Computer Management akan tampil. Klik Local Users and Groups.   Pada panel sebelah kanan akan tampil dua folder : User dan Groups.  Klik kanan pada folder User sehingga menu konteks tampil.  Untuk membuat user baru pilihlah : New User….   Anggap saja kita memilihnya, maka jendela  New User akan tampil.

Gambar :  membuat user dengan Computer management

Pada isian user name ketikkan nama pemakai baru. Misalnya kita ketik : ndaru.    Lalu klik Close.  Selesai ! suatu user baru akan terbentuk.

Gambar :  isian membentuk user baru

Jika kita buka dengan Control Panel,  dan kita lihat User account, maka user baru dengan nama ndaru, akan muncul.
Hal yang hampir serupa dapat kita lakukan dengan fasilitas Lusrmgr.msc .   Tidak usah diterangkan ya?  Capek… tampilan lusrmgr.msc saja kali ya?  Prakteknya coba sendiri.  Sama saja kok.

 Gambar  :  membuat user baru


3. Pembuatan user baru dapat juga dilakukan  via CMD

Cara lain untuk membuat pemakai baru adalah dengan perintah CMD. Untuk memulai proses pembuatan user baru, klik Start, pilih Run dan ketik CMD tekan Enter, maka kita akan masuk ke prompt DOS.

 Gambar :  memanggil CMD

Pada saat ini, ketikkan :

C:\>net user %username% /add  dimana %username%

kita ganti dengan nama user yang akan kita buat. Misalnya kita akan membuat suatu user dengan nama kiki, maka kita ketikkan :

C:\>net user kiki /add      (tekan enter)


Gambar :  membuat user baru dengan nama kiki

Jika proses sukses dilakukan, maka akan keluar pesan : The command  completed Successfully.  Jika kita periksa user account via Control panel, maka akan terlihat suatu account baru dengan nama kiki.

 Gambar :  user kiki terbentuk

Yap… kurang lebih begitulah permasalahan pembentukan user.  Gampang ya ?  :)


Note : [Remake BDRW:MKWXP-5]
Tri Amperiyanto

2 komentar: